Sayembara hotel "Prambanan" berhadiah ratusan juta

pt. taman wisata candi (twc) borobudur, prambanan serta ratu boko (persero) dan ikatan arsitektur indonesia (iai) menggelar sayembara pembuatan desain hotel prambanan yang kejutan utamanya senilai rp. 125 juta.

hotel itu nantinya ingin terletak selama wilayah iii candi prambanan serta di luar wilayah utama candi prambanan.

direktur pt. twc borobudur, prambanan dan ratu boko purnomo siswoprasetjo menyampaikan saat ini twc membutuhkan web inap atau hotel supaya melayani wisatawan domestik maupun asing, menyusul persentasi wisatawan twc semakin meningkat tiap tahunnya dan kualitas layanan hotel yang banyak selama sekitar candi prambanan masih kurang.

tak hanya tersebut, nantinya hotel tersebut serta mau menambah lapangan pekerjaan orang sekitar prambanan seperti wisata andong (kereta kuda), naik sepeda untuk menikmati kampung prambanan, penambahan kelompok sendratari ramayana malahan banyak yang dipekerjakan dibuat pegawai hotel.

Informasi Lainnya:

intinya apa pengunjung akan menetap lebih lama selama prambanan. dalam situ (hotel), kita ingin menunjukan budaya-budaya indonesia semisal tari, ujarnya saat mengadakan jumpa media dalam jakarta di rabu (17/4).

ketua badan penghargaan serta sayembaraa iai ruben tangido mengatakan hotel hendak memiliki multifungsi semisal ruang pertemuan, musium artifak juga perpustakaan.

peserta sayembara dapat diikuti arsitektur indonesia dan memiliki sertifikasi arsitektur madya.

saat ini audien yang daftar telah 20 pihak dan tidak diperbolehkan arsitektur asing, ujarnya.

pendaftarannya telah dibuka daripada awal april dan hendak berakhir pada 13 mei 2013. hotel tersebut mau berdiri pada atas lahan 3 hektar dengan ketinggian cuma 14 meter ataupun dua lantai.

persyaratannya, luas bangunan harus 60 persen juga lahan hijau seluas 40 persen serta bangunannya mesti membeli struktur non-foot-print (pondasi tidak mempunyai jejak).

pemenang mau dilibatkan di pelaksanaan pengembangan rancangan ded (detail engineering design) di tahap selanjutnya.

tidak hanya berfungsi hotel, akan tetapi ada ruang pertemuan, museum juga perpustakaan, papar ruben.

saat ini purnomo tak bisa menyerahkan rincian dana investasi dan nama hotel itu menunggu hasil sayembara desain diumumkan.

pembangunan hotel itu akan diselenggarakan pada oktober 2013 dan waktu pengerjaannya memakan waktu 18 bulan.