Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta besar korea selatan supaya indonesia, kim young-sun, menyatakan, indonesia bisa mengambil peran konstruktif meredam ketegangan di semenanjung korea dan intensitasnya terus meningkat pilihan masa terakhir.

saya berharap indonesia bisa memainkan peran konstruktif agar mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia memiliki hubungan menarik bersama korea utara juga korea selatan, kata kim, pada jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia sangat cocok memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman yang cukup kuat selama menengahi dan ikut membantu penyelesaian semua konflik dalam kawasan asia-pasifik.

indonesia merupakan salah Salah satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), dengan begini peran konstruktif merupakan peran yang tepat, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia sudah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai di kamboja dengan forum jakarta informal forum i dan ii. inisiatif indonesia pada waktu orde baru itu masih menjadi acuan bagi banyak negara di dunia.

dari sisi historis, presiden soekarno berteman baik melalui pemimpin korea utara (ketika tersebut), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, dan lalu serta merupakan presiden indonesia, juga melewati masa kebaikan hubungan baik kedua negara itu, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi kejutan sekaligus kenangan pertalian hubungan menarik kedua negara tersebut kepada kim senior dengan bunga anggrek dendrobium silangan khusus, dan diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga agar kakek pemimpin waktu sekarang korea utara, kim jong-un, tersebut tidak rumit dijumpai hingga kini.

duta besar kim menjelaskan, indonesia perlu mengirimkan pesan perdamaian yang terang terhadap korea utara agar memenuhi koordinasi melalui komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea dan menjadi kunci menuju penghentian ketegangan mesti mendapat sokongan daripada dunia internasional.

kim menyebutkan dalam sedang sorotan dan seluruh peringatan daripada dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh di 12 desember kemarin dan melangsungkan percobaan nuklir selama 12 februari 2013.

korut dan belakangan berkali-kali berupaya meningkatkan ketegangan selama semenanjung korea dengan serangkaian pernyataan provokatif, ujarnya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang dari pyongyang memiliki dua objek wisata utama, yakni agar meningkatkan soliditas juga kepercayaan kekuatan pada negeri, serta untuk mendesak dunia internasional menerima korut untuk salah Salah satu negara nuklir.

pemerintah korsel pada dasarnya menginginkan ada berubahnya hubungan diantara kedua negara korea dari saling curiga dan penuh konfrontasi menjadi kedamaian berbasis kepercayaan.

meski demikian, dubes kim menegaskan pemerintahnya tidak hendak terserah diam bila bagian korut melakukan provokasi dan sudah dianggap berlebihan.

kami akan siap merespon provokasi dan lebih lanjut dari utara dan tetap beriringan bersama dunia internasional supaya mengingatkan mereka (korut) untuk melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir juga merupakan anggota yang bertanggung jawab selama hubungan global, kata kim.