Hakim tidak takut pembalasan pihak luar

ketua mahkamah konstitusi, akil mochtar, menungkapkan, negara hukum mensyaratkan hakim yang tak takut pembalasan dibandingkan pihak luar, karena bertindak independen juga imparsial selama mencari putusannya.

hal ini diungkapkan mochtar saat pidato usai sumpah jabatan sebagai ketua mk selama depan delapan hakim konstitusi lain juga pilihan pimpianan lembaga serta berbagai tokoh sebagai tamu undangan dalam jakarta, jumat.

pernyataan tersebut dikutip mochtar daripada kelly fb william selama buku an independent judiciary: the core of the rule of law.

saya bersama-sama dengan yang mulia kaum hakim konstitusi ingin menegaskan mk akan selalu bekerja di prinsip-prinsip independensi, kata mochtar.

Yang Lain: Peluang Usaha Online - mencar Peluang Usaha - Peluang usaha Internet - Peluang usaha Internet

dia menegaskan, memelihara independensi mk merupakan komitmen yang terus menjadi prioritas dan mau dikedepankan.

komitmen ini amat strategis untuk mengingatkan kita selama negara hukum demokratis, pengadilan mesti demokratis, pengadilan haruslah mempunyai kekuatan, supaya menolak godaan dan menolak segala bentuk intervensi dibandingkan manapun, tegasnya.

mochtar menegaskan, independensi hakim merupakan harga mati.

hanya dengan hakim dan pengadilan dan independen inilah, hakim akan bisa memutus perkara dengan adil. dan kepada hakim, putusan yang memenuhi rasa keadilan demikian mahkota terindah, ucapnya.