Revolusi Oranye IPB dukung konsumsi buah lokal

institut pertanian bogor selama masa gampat ditempuh akan meluncurkan buku "revolusi oranye" yang berisi pemikiran juga gagasan selama meningkatkan konsumsi buah lokal indonesia.

"buku ini berisikan tujuan, analisi situasi, konsep serta desain, strategi pembangunan, rencana pengembangan, manfaat serta dampak revolusi oranye daripada suatu usulan situs nasional pengembangan buah nusantara skala industri," papar ir jumadi s witopawiro, ms salah Salah satu tim inisiato revolusi oranye ipb selama bogor, jumat.

jumadi menyebutkan revolusi oranye digagas dari hasil pertemuan juga dialog grup kecil yang terdiri dari dosen serta peneliti buah ipb, alumni dan mahasiswa ipb.

ketidakmampuan buah nusantara kompetitif di pasar domestik serta internasional menjadi landasan diterbitkannya revolus oranye.

di pada buku tersebut membahas beberapa isu serta permasalahan utama dan telah diidentifikasi dan didiskusikan diantarannya, pasokan buah nusantara ke pasar ditenggarai kurang berkualitas, kurang berlanjut juga kurang konsisten.

isu lainnya, proses produksi buah nusantara ditengarai produktivitasnya rendah serta koleksi buah dan dihasilkan kurang berkualitas.

"jalur tata niaga buah nusantara yang kurang efektif juga efisien karena infrastruktur perbuahan, terutama infrastruktur pengolahan dan pemasaran kurang lengkap dan kurang efisien," katanya di pemaparannya.